Mengamati Diri, Memindai Masa Depan

Ketika kita membicarakan pendidikan masa depan, apa yang kamu bayangkan? Kelas-kelas yang didukung dengan fasilitas teknologi canggih? Konten-konten pembelajaran dengan ilmu global dan berbahasa internasional? Atau justru, kamu membayangkan murid-murid di masa depan? Bagaimana pola pikir dan laku mereka? Apa saja tantangan yang akan mereka hadapi? Seperti apa ekosistem mereka belajar? Apapun yang kita bayangkan, […]

Empati, Upaya “Menembus” Dinding

Dalam teori Fisika, ada Hukum Newton 3 tentang Aksi Reaksi yang berbunyi: “Jika suatu benda mendapatkan gaya, maka benda tersebut akan memberikan kekuatan yang sama besar terhadap sumber gaya tersebut secara berlawanan.” Contoh paling sederhananya, bila kita mendorong dinding (aksi), dinding tersebut akan berbalik mendorong kita (reaksi). Apabila kita memandang sebuah masalah seperti menghadapi dinding, […]

Quantum Leap, Sebuah “Lompatan” Potensi

Apakah kamu pernah mendengar istilah Quantum Leap? Yuk kita kenalan dengan istilah ini!       Tentang Quantum Leap Quantum Leap merupakan “lompatan” yang membuat manusia mencapai potensinya secara optimal. Kalau dalam bayanganmu lompatan itu seperti atlet yang melewati halang rintang, Quantum Leap berbeda. “Lompatan”-nya lebih menyerupai gelombang yang menembus suatu batas. Mungkin terdengar membingungkan. […]

Self-Acceptance Pada Anak, Karena Setiap Anak Berhak Merasa Berharga

Self-Acceptance Pada Anak, Karena Setiap Anak Berhak Merasa Berharga Saat ini banyak orang yang mengkampanyekan self-love atau mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri tentu sangat penting bagi masa depan seseorang. Walau kedengarannya mudah, namun ada hal yang harus dilakukan sebelum sampai ke tahap mencintai diri sendiri yaitu dengan menerima diri apa adanya. Sebagai manusia, kita […]

Mengenal Pendekatan Student Centered Learning

Mengenal Pendekatan Student Centered Learning Apakah Anda masih asing dengan istilah Student Centered Learning atau SCL? SCL merupakan salah satu pendekatan pada sistem belajar yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas belajar murid. SCL ini merupakan kegiatan yang aktif melibatkan murid, di mana mereka akan diajak untuk berpikir secara kritis. Proses belajar SCL akan menuntut murid berpartisipasi […]

Interaction-Based Approach Learning, Menjalin Kedekatan Antara Pengajar, Murid, Hingga Orangtua

Interaction-Based Approach Learning, Menjalin Kedekatan Antara Pengajar, Murid, Hingga Orangtua   Interaction-Based Approach Learning atau pendekatan berdasarkan interaksi menjadi salah satu metode belajar yang sangat dibutuhkan dalam proses pengajaran baik secara virtual maupun tatap muka. Banyak yang tak menyadari jika ruang-ruang belajar sering kali terasa ada batasan, khususnya antara pengajar dan murid. Pernahkah Anda mengalami […]