Piwulang Becik, PKBM Pilihan Kami

Piwulang Becik, PKBM Pilihan Kami

PKBM merupakan alternatif pendidikan yang sekarang ini banyak diminati oleh orangtua. Memang tak mudah bagi beberapa orangtua untuk memutuskan menyekolahkan anak mereka di PKBM dibanding sekolah formal pada umumnya. Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelumnya, karena kegiatan PKBM melibatkan peran orangtua yang sangat besar. Begitu juga saat Anda akhirnya memilih pendidikan alternatif maka Anda harus siap untuk turut serta dalam proses belajar anak.

Sama halnya memilih sekolah terbaik bagi anak, menentukan PKBM juga sering membuat orangtua pusing. Meskipun saat ini banyak informasi tentang berbagai Pendidikan alternatif bagi anak dengan materi belajar dan tawaran menarik lainnya. Namun sebagai orangtua tentu Anda tidak boleh salah asal pilih. Alangkah baiknya pencarian informasi tak hanya sekedar berselancar internet, namun juga lmenghubungi PKB untuk berkonsultasi secara langsung untuk memperoleh data yang lebih valid.

Umumnya dalam proses pemilihan PKBM, orangtua telah memiliki kriteria yang telah ditentukan sebelumnya  seperti lokasinya yang dekat dengan rumah, materi pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler yang akan diikuti oleh anak, hingga biaya yang disediakan. Meskipun bukan pendidikan formal, PKBM juga memiliki akreditasi sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan. Untuk itu, para orangtua harus benar-benar selektif dalam memilih PKBM yang tepat untuk anaknya. Salah satu PKBM yang dapat Anda pertimbangkan adalah PKBM Piwulang Becik (PBx).

PKBM Piwulang Becik merupakan PKBM yang terletak di Salatiga, Jawa Tengah. PKBM Piwulang Becik didirikan oleh Bapak Aris Prasetya, dimana proses pembelajaran anak akan konsen pada ajaran kebaikan yang bersifat gotong royong. Pada PKBM ini anak bukan hanya belajar tentang literasi saja mereka akan belajar filsafat hidup yang bermakna untuk masa mendatang.

Jika ditanya Akreditasi, Piwulang Becik saat ini berakreditas C. Hal ini terbilang masih wajar dikarenakan PKBM Piwulang Becik terbilang masih baru yaitu didirikan sejak tahun 2018 lalu. Sehingga baru sedikit dari peserta didiknya yang sudah lulus. Tentu saja berbeda dengan PKBM yang menginduk ke sekolah formal baik swasta maupun negeri.

Sama halnya dengan PKBM yang lain, PKBM Piwulang Becik memiliki kontrak belajar yang harus disepakati oleh orangtua dan anak. Sebagai rekan yang akan membantu orangtua dalam mencapai tujuan pendidikan anak, tentu kesepakatan dalam kontrak harus disusun secara jelas. Mulai dari kurikulum, materi pembelajaran, tutor, hingga jangka waktu belajar.

Piwulang Becik memberlakukan kontrak belajar mandiri. Orangtua akan berlaku sebagai homeschooler yang bebas menentukan kurikulum apa yang akan digunakan. Segala pelajaran dapat diakses secara pribadi dan belajar dengan mandiri. Selain itu, anak tidak perlu mengerjakan Ujian Semester. Nilai raport akan diperoleh dari nilai akademis dan portofolio.

Penggunaan portofolio sebagai nilai raport masih terdengar asing bagi sebagian orangtua didik. Secara sederhana portofolio merupakan laporan singkat tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak sehari-hari seperti proses pembelajaran dan proyek apa yang telah diselesaikan. Portofolio tersebut bisa berupa video, narasi pendek, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar anak dan orangtua lebih fokus pada proses belajar anak bukan hanya sekadar nilai akademis. Nilai akademis umumnya mengacu pada kebutuhan legalitas pendidikan anak alias ijazah.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PKBM Piwulang Becik seperti sistem pembelajaran daring yang dirancang dengan Learning Management System, sehingga cocok untuk pembelajaran jarak jauh. Selain itu, anak juga dilengkapi dengan modul belajar yang lengkap dan student Club yang mendukung mereka untuk berinteraksi dengan peserta didik lainnya lainnya.

Semoga dengan artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda memilih PKBM piwulang becik.

 

 

Demikian artikel ini kami buat semoga memberikan gambaran bagi anda tentang serba serbi dunia pendidikan. Apabila ada pertanyaan tentang pendidikan alternatif Anda bisa hubungi kami di https://piwulangbecik.sch.id untuk informasi lebih lanjut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *