Manjing Ajur Ajer

Manjing secara harfiah artinya masuk ke dalam, ajur artinya hancur lebur dan ajer artinya cair.

MANJING bermakna menghadirkan diri secara penuh ketika menjalani suatu aktivitas, kemudian AJUR, lebur dalam aktivitas tersebut, tetapi AJER, cair dan fleksibel, mampu menyesuaikan diri, tanggap dan waspada terhadap lingkungan sekitarnya.

kemampuan menyesuaikan diri, tanpa harus kehilangan prinsip dan jati dirinya sendiri

Manjing Ajur Ajer adalah kemampuan untuk masuk, melebur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, tanpa harus kehilangan prinsip dan jati dirinya sendiri.

Dengan akar budayanya sendiri yang kuat, mudah baginya untuk mengambil dan masuk ke dalam cabang budaya baru sehingga mampu menghasilkan buah yang lebih bagus. Cabang-cabang budaya baru tidak akan merobohkannya, karena … seiring dengan bertambahnya cabang, daun yang rindang dan buah yang banyak, bertambah dalam pula akar tunjangnya dan lebar akar serabut selebar tajuk daunnya.

masuk – lebur – cair

Tidak perlu bersitegang dengan budaya baru. Justru mampu berkolaborasi dengannya. Tidak perlu anti terhadap penemuan baru, atau sistem pendidikan hasil penemuan orang asing. Karena cepatnya penemuan baru, hebatnya sistem yang baru, justru akan memperkuat dan memperlebar akar budayanya sendiri.

Ini bukan zamannya Clash of Civilization, tapi zamannya Civilization Collaboration. Dan akar budaya kita, dari dulu sampai sekarang hingga nanti selalu mampu mengikuti perkembangan zaman ini. Kita bisa tumbuh bersama, walau aku tetaplah aku, kamu juga kamu, dia pun juga tetap seperti dia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *