Portofolio

Portofolio atau portfolio adalah latinisasi dari portefeuille. Dalam dunia keuangan, digunakan untuk menyebutkan kumpulan investasi yang dimiliki oleh institusi ataupun perorangan. Dalam manajemen strategis dan pemasaran, digunakan untuk menunjukkan sekumpulan produk, proyek, layanan jasa yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu perusahaan.

sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi

Bagi seorang arsitek, mereka menyertakan portofolio hasil kerja terdahulunya bersama dengan rekomendasi kliennya, bisa berupa foto, kliping majalah / koran dan rancang bangun.

Dalam dunia pendidikan, merupakan sekumpulan informasi pribadi yang merupakan catatan dan dokumentasi atas pencapaian seseorang dalam pendidikannya. Jika ada, disertakan pula sertifikat, piagam penghargaan, atau referensi dari ahli.

Portfolio ini berguna sebagai akreditasi pengalaman peserta didik, untuk pencarian kerja, melanjutkan pendidikan, pengajuan sertifikat kompetensi. Portofolio untuk tingkat TK, SD, SMP dan SMA dipandang sebagai kumpulan hasil proses belajar siswa pada minat tertentu. Kumpulan yang rapi dari proses belajar ini bisa memudahkan peserta didik untuk melakukan refleksi pribadi

refleksi pribadi

Di Piwulang Becik, portofolio sangat dianjurkan dan dimasukkan ke dalam rapor modular peserta didik sebagai mata pelajaran pendalaman minat. Tulisan dan foto disimpan dalam format PDF dan kemudian disertakan ke dalam rapor setiap modul yang telah diselesaikan. Sehingga perkembangan pendalaman minat setiap peserta didik lebih mudah diikuti dan menjadi refleksi diri, langkah apa selanjutnya yang akan ditempuh.

Di sisi lain, pemerintah akan mendapatkan data kompetensi dari peserta didik. Dimana selama ini, nilai rapor normatif tidak bisa menjelaskannya. Data ini penting, karena pemerintah akan lebih mudah mengambil kebijkan baru untuk mendukung kompetensi peserta didik. Proyek yang sedang dikerjakan dan kompetensi apa yang sedang dibangunnya.

Tak perlu muluk-muluk, membangun portofolio bisa dimulai dengan tulisan yang sederhana. Jika punya HP yang ada kameranya, ambil foto sebisanya. Percayakan kepada anak untuk membangun dirinya sendiri. Kita dukung, atau membantunya jika mampu. Atau berkomunitas untuk saling menguatkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *