Berangkat Dari Yang Mampu

Tidak mudah untuk anak yang masih kecil, menjawab pertanyaan ,”Apa bakatmu?” Padahal setiap anak ternyata sebenarnya sudah menyadari apa yang dia mampu lakukan sekarang ini. Sesederhana apa pun kemampuan yang sudah dimilikinya adalah modal pertama baginya untuk melangkah.

Ilmu kelakone soko laku

Lakukan saja apa yang dia mampu itu setiap hari, maka kemampuan yang sederhana tersebut akan berkembang secara bertahap dengan baik. Dan bisa jadi itu adalah salah satu bakatnya kelak.

Jika pun ternyata ada lebih dari satu kemampuan yang dia sadari, hal itu pun tidak akan membingungkan mereka. Anak mampu melakukan beberapa hal secara paralel dalam satu hari. Hal yang perlu dilakukan adalah secara rajin mencatat kegiatan paralel tersebut setiap hari. Supaya kegiatan tersebut bisa direview lagi atau menjadi refleksi diri setiap minggu, setiap bulan atau tahunan.

Catatan kegiatan ini adalah salah satu modal membuat portofolio. Karena nanti tinggal memilih (meng-kurasi) dan merangkum mana saja yang akan ditampilkan dalam portofolio nya. Dengan demikian, kegiatan membuat portofolio adalah pekerjaan yang mudah, karena alami.

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] semangat berangkat dari yang mampu , anak-anak mulai berlatih menggambarkan pesan yang akan disampaikan, yang sebenarnya berisi sebuah […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *