Bukan Hanya Pengajar, Orangtua juga Bertanggung Jawab Atas Pendidikan Anak

Bukan Hanya Pengajar, Orangtua juga Bertanggung Jawab Atas Pendidikan Anak

Sebagai orangtua tentu anda bertanggung jawab penuh atas kebutuhan mereka mulai dari, sandang, pangan, hingga pendidikan. Banyak orangtua yang menggantungkan masa depan anak mereka pada pendidikan yang ditempuh. Tak heran mereka bersusah payah mencari nafkah untuk membiayai kebutuhan dasar belajar, seperti biaya operasional pada lembaga pendidikan, kebutuhan buku dan alat tulis, bahkan pakaian/seragam.

Biaya pendidikan anak tentu tidak murah, ada uang dan usaha yang harus dibayarkan oleh orangtua. Meskipun demikian, banyak orangtua yang fokus bekerja dan tak mengamati proses belajar yang dilakukan anak. Padahal peran orangtua bukan hanya membiayai pendidikan anak saja. Orangtua juga harus terlihat sebagai support system anak untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Melakukan pendampingan belajar pada anak tentu berbeda dan harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Penyesuaian ini akan memberikan dampak yang cukup besar pada proses belajar anak baik itu akademik maupun non-akademik. Agar lebih jelas simak berikut ini adalah tanggung jawab orangtua dalam mendampingi anak belajar, antara lain:

1.      Memberi semangat pada anak

Pendampingan orangtua dalam proses belajar anak sangatlah penting dan berpengaruh positif pada tumbuh kembangnya. Pada proses pendampingan orangtua dapat menyampaikan nilai-nilai pendidikan agar anak lebih bersemangat dalam belajar. Memberi semangat juga bisa dalam bentuk mengapresiasi pada setiap inisiatif yang dilakukan, serta progres belajarnya. Sikap-sikap positif orangtua akan membuat anak menjadi lebih optimis dan bersemangat. Jika orangtua bersemangat maka anak juga demikian.

2.      Membantu menyelesaikan kesulitan yang dialami anak saat belajar

Setiap proses belajar tentu ada kalanya anak mengalami kesulitan, entah mengerjakan tugas dari pengajar atau mempraktekan sesuatu. Pada saat itu, sebaiknya anda mendekati anak dan menawarkan bantuan padanya. Ingat, jangan memarahi anak atas ketidakpahamannya terhadap sesuatu. Di usianya sangat wajar jika mereka keliru atau bahkan tidak paham sama sekali. Dibanding memarahi atau mengomel, ada baiknya anda dan anak mengerjakan tugas itu bersama.

3.      Mengawasi perkembangan belajar anak

Umumnya orangtua hanya tahu perkembangan anak dari nilai raport saja, padahal ini bukan bentuk pengawasan yang baik. Orangtua harus mengawasi dan mengamati proses belajar anak, seperti mengetahui bagaimana cara mereka belajar, pelajaran apa yang meraka sukai dan tidak sukai, hingga bagaimana pemahaman anak terhadap ilmu baru. Pengawasan ini juga sebuah tindakan untuk memastikan hal yang dipelajari anak adalah hal positif.

4.      Menjaga komitmen anak dalam belajar

Terkadang komitmen atau niat belajar anak sering mengalami pasang surut, hal inilah yang terkadang menjadi penghambat anak dalam memahami sesuatu. Ada banyak hal yang menyebabkan anak kurang berkomitmen atas cara belajar yang mereka pilih seperti rasa bosan, lingkungan yang kurang mendukung, dan lain sebagainya. Pada kondisi ini, orangtua sebagai pendamping anak untuk menciptakan tempat belajar yang nyaman, menyingkirkan rasa bosan. Serta mengingatkan anak tentang apa yang ingin ia capai dari proses belajarnya.

5.      Menjadikan anak menjadi seseorang yang dimimpikannya

Anak pasti memiliki mimpi atau cita-cita, melalui pendampingan serta hubungan emosional yang baik antara anak dan orangtua, maka hal ini akan membantu kebanyakan anak dalam mencapai apa yang mereka mimpikan, entah itu dalam bentuk profesi atau pencapaian lainnya.

Meskipun anda tidak ahli dalam pelajaran atau semua bidang yang diajarkan oleh tenaga pengajar. Bukan berarti anda tidak bisa mendampingi pendidikan anak. Mendampingi anak juga bisa ditunjukan dari sikap memberikan semangat, memberikan keleluasaan untuk berekplorasi, dan mengawasi. Jadilah orangtua yang memberikan ruang aman untuk anak bertumbuh baik dengan turut mengamati setiap proses belajar yang dilaluinya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *