Music as a Language

Seperti Bayi Belajar Berkata

Victor Wooten menggambarkan proses belajar musik dengan cara yang sama seperti kita mempelajari bahasa pertama kita, menyerukan pendekatan yang lebih alami dan tidak terlalu akademis.

Ketika saya masih kecil, saya tidak merasa saya sedang diajari musik. Itulah mengapa saya mengatakan bahwa musik itu adalah bahasa. Sama seperti mendapatkan bahasa pertama kita. Pernahkah kita berpikir, bagaimana kita mempelajarinya? Dan kita dapati bahwa sebenarnya kita tidak pernah diajarkan tentang itu. Mereka hanya berbicara dan mereka memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara kembali.

Tapi dalam beberapa kesempatan lain, seorang pemula tidak diperbolehkan untuk bermain dengan musisi yang lebih baik. Tetap di kelas pemula untuk beberapa tahun, kemudian naik ke tingkat menengah dan atas. Setelah lulus pun, masih banyak hal yang perlu dilakukan lagi.

Tapi, kalau kita perlakukan musik ini sebagai bahasa, bahkan anak bayi bisa “jamming” dengan musisi profesional.

Dia menegaskan bahwa, saat kita bayi, sebenarnya kita tidak diajari apa bahasa pertama kita. Atau dikoreksi ketika kita membuat kesalahan. Kita bahkan tidak tahu kalau kita adalah pemula dan harus bermain dengan orang-orang yang jauh lebih baik daripada kita.

Musikalitas Terlebih Dahulu

Wooten menceritakan pengalaman pendidikan musik yang dialaminya sendiri, terutama saat masih kecil, sebagai contoh bagaimana pendekatan seperti ini dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Bagaimana lingkungan dia (terutama kakak pertamanya) secara cerdas tidak mengajarinya, tetapi bermain musik bersama. Dia tidak memulai dengan meletakkan bass di tangannya. Yang pertama dia lakukan adakah memainkan musik di sekitarku. Dan meletakkan wind-up guitar di kursi dan tidak ada yang mengatakan bahwa itu untuknya. Seperti halnya tidak ada orang yang mengatakan kapan saatnya kita berbicara.

Namun dalam beberapa kasus, guru musik mengajarkan bagaimana memainkan alat musik, sebelum anak tersebut mengalami nuansa musik.

Padahal kita tidak pernah mengajari anak bagaimana cara mengeja sebuah kata, misalkan mengeja “susu”, sebelum anak tersebut telah meminumnya selama beberapa tahun.

Seperti halnya kita tidak mempermasalahkan bagaimana mekanisme bibir kita bergerak, tetapi “apa yang telah kita katakan”.

Saya dibesarkan dalam lingkungan bagaimana bermusik, bukan bagaimana memainkan alat musik.

Pelajaran Dari Bermusik

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari bermusik. Karena untuk menjadi musisi, musti banyak mendengar. Ketika jamming, kita mendengarkan satu sama lainnya. Mendengar adalah kunci bermusik.

Musik adalah gaya hidup yang sehat.

 

catatan:
Victor Wooten adalah inovator, komposer, arranger, produser, vokalis, dan multiinstrumentalis. Dia disebut sebagai pemain bass terbaik di dunia. Dia adalah seorang naturalis dan guru yang terampil, penulis, pesulap, suami dan ayah dari empat anak, dan pemenang penghargaan Grammy lima kali.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *