Kemenkeu Mengajar: Pendidikan Dalam Pangkuan Ibu dan Bapak

sehari mengajar
seumur hidup memberi arti

Nadiem Makarim

1:17:15
Faktor terpenting adalah keterlibatan orang tua … berikanlah waktu untuk anak-anak anda.

Sri Mulyani Indrawati

42:18
Janganlah sampai keinginan kita untuk sempurna, mencegah kita untuk berbuat sesuatu.
1:19:30
Saya akan buat peraturan, sekarang rapat-rapat di kementerian saya, tidak boleh saat jam anak sekolah … kita start at 2 pm sampai jam 8 malam. (supaya orang tua tahu pembelajaran anak-anaknya, membantu anaknya dan tidak rebutan gadget atau device saat PJJ).

Dian Sastrowardoyo

1:15:27
Kalau kita tidak melakukan apa-apa, kita malah menjadi bagian dari masalah. Kalau kita ingin menjadi bagian dari solusi, kita harus melakukan sesuatu.
1:30:19
Daerah 3T (terluar tertinggal terjauh) diberikan subsidi pendidikan yang sangat besar, gurunya mendapatkan gaji yang paling besar, pengajar yang terbaik secara nasional, sehingga kalau ingin berkarir dengan bagus maka justru ditempatkan di daerah 3T tadi. Sehingga daerah 3T tadi mau tidak mau menjadi maju.

Najelaa Shihab

1:02:04
Pendidikan itu esensinya jaringan kolaborasi. Kemdikbud Kemenkeu berkolaborasi, bersama-sama melakukan inovasi. Juga orangtua dan guru.
1:15:40
Semua murid semua guru, semua ambil peran.
1:16:15
Perubahan pendidikan itu, bukan hanya butuh perubahan kebijakan, bukan hanya butuh pemerintah, tetapi butuh sebanyak mungkin praktek baik, orang yang percaya bahwa pendidikan itu tanggung jawab kita semua dan saya bisa ambil peran.
1:32:30
Mistrust, rasa saling tak percaya antar pemangku kepentingan yang selama ini amat sangat dominan di pendidikan kita, bisa segera hilang atau paling tidak berkurang, justru karena pengalaman di pandemi ini. Jangan merasa jadi korban. Relasi berdasarkan empati.

Ki Hajar Dewantara

1:39:56
Pokoknya pendidikan harus terletak di dalam pangkuan ibu dan bapak, karena hanya dua orang inilah yang dapat berhamba kepada sang anak semurni-murninya dan seikhlas-ikhlasnya. Sebab cinta kasih kepada anak-anak boleh dibilang adalah cinta kasih tak terbatas.

Info tentang Kemenkeu Mengajar bisa didapatkan di sini.

Info Pendaftaran Sekolah KM5 ada di sini.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *