Gotong Royong Mengembangkan STEAM

It takes a village to raise a child 

Sering kita jumpai di masyarakat pedesaan, seorang ibu tengah mengajari mengaji anak-anak tetangganya. Ibu lain mengajari menjahit ibu-ibu lainnya. Seorang bapak mengajari bertukang pemuda di sekitarnya. Warga di desa itu belajar dari warga di sekitarnya. Mereka bertumbuh bersama .

Tanpa kita sadari, Piwulang Becik (PBx) sekarang ini sedang melakukan hal yang serupa dengan masyarakat pedesaan di atas. Mereka bertemu dan saling belajar satu sama lain didampingi oleh bapak, ibu atau anak yang bersedia menyedekahkan waktunya bagi warga lainnya.

STEAM & Basic Literacy

Kalau sebelumnya di sisi pedesaan, saat ini STEAM (Science Technology Engineering Arts Mathematics) dan Literasi Dasar yang merupakan bagian dari kegiatan pendidikan secara global, pun sedang dibangun secara bersama-sama oleh warga Piwulang Becik. Matriks kegiatan Student Club kita memperlihatkan dengan jelas keterkaitan kegiatan pedesaan PBx dengan pendidikan global.

4C’s
(Critical Thinking & Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity & Innovation)

Hal di atas bisa terlaksana karena kita mampu menganalisa dan mengevaluasi keadaan saat ini di sekitarnya. Warga PBx tanggap ingin menyelesaikan masalah, dimana salah satunya adalah karena keterbatasan pertemuan fisik imbas dari wabah corona. Kemudian menjalin komunikasi yang baik dengan warganya untuk mengatasinya secara bersama. Hasil musyawarah itu kemudian berbuah kerjasama antar warga satu dengan lainnya untuk mewujudkan pendidikan yang lokal tetapi diterima secara global. Ini adalah sebuah kreativitas dan inovasi yang bagus dari warga PBx dalam membesarkan, mengembangkan dan menumbuhkan anak-anak dan orang tua secara gotong royong.

Gotong Royong

Ya, gotong royong. Sebuah tradisi lokal yang terbukti sampai sekarang terus bertahan dan menjadi solusi kehidupan modern saat ini. Dengan semangat gotong royong ini, mari kita kembangkan secara bertahap beberapa hal yang dirasa penting untuk kita berikan kepada anak-anak kita, mulai diwujudkan.

Biaya Bertumbuh di PKBM Piwulang Becik

Dengan segala hal yang menarik itu, lantas, berapa biaya yang musti kami keluarkan?

PKBM Piwulang Becik tidak menetapkan biaya pendidikan kepada peserta didik. Dengan asas gotong royong, kami memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi secara sukarela.

Asas gotong royong di tengah era wabah corona sekarang ini, akan meningkatkan rasa kebersamaan dan sepenanggungan dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat kita, salah satunya adalah pendidikan anak. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menumbuhkan mereka, anak bangsa kita sendiri.

Sumbangan partisipatif ini dicatat dan dipertanggungjawabkan serta disalurkan lewat rekening yayasan pendidikan berikut: Yayasan Xanov Bahtera Mulia, BCA Kantor Cabang Salatiga, nomor rekening 01312 88891.

Tertarik untuk menjadi siswa di PKBM Piwulang Becik ?:), silakan mendaftar di tautan ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *