Lingkungan Belajar

PBx tidak menyediakan bahan ajar yang canggih. Bukankah bahan ajar sekarang berlimpah di dunia dalam jaringan ini ? PBx juga tidak menyediakan pengajar yang hebat. Bukankah anak-anak sekarang ini lebih pintar dari yang mengajar?

PBx adalah sebuah lingkungan belajar. Tempat dimana seorang anak membutuhkan dan dibutuhkan oleh teman lainnya untuk saling memberi, menerima dan berbagi. Tempat dimana orang tua mendampingi anaknya, sekaligus anak dari keluarga lain dalam menjalani proses belajarnya. Tempat interaksi para orang tua. PBx adalah sebuah lingkungan keluarga yang sedang mengarungi belajar sepanjang hayat secara bersama.

Karena belajar sepanjang hayat adalah proses dalam menjalani pembelajaran yang sedang dan terus berlangsung dengan kesadaran, keikhlasan dan dorongan yang timbul dari diri sendiri dalam upayanya mencari dan mendalami ilmu. Perlu suasana dan lingkungan yang mendukung proses belajar supaya berkelanjutan.

Suasana yang tidak saling menuntut dan membebani. Tetapi saling memberi dan berbagi.

Dalam lingkungan seperti inilah pendamping dan anak berinteraksi dalam mengembangkan kepribadian dan kompetensinya di Student Clubs, dan para orang tua berbagi pengalaman di PBx Talk.

Lingkungan dimana anak-anak mematuhi aturan pemerintah untuk mengerjakan soal-soal modular K13, sekaligus menekuni Kompetensi dengan melaporkan Portofolionya. Mengikuti aturan pemerintah dengan mendaftarkan anak-anak di Dapodik (Data Pokok Peserta Didik) sehingga mendapatkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), dari Kelompok Bermain (TK/PAUD) sampai Setara SMA (IPA/IPS). Mengeluarkan Rapor, yang nilainya tidak hanya berasal dari nilai kuantitatif soal modular, tetapi juga nilai kualitatif portofolio dan kegiatannya di Student Clubs. Mengikuti proses Akreditasi dan mendapatkannya.

PBx senantiasa berbenah diri untuk memberi dan menjaga lingkungan belajar saat ini, supaya kita tidak takut menghadapi perkembangan jaman nanti …

Tertarik untuk bersama membangun lingkungan seperti ini di PBx (PKBM Piwulang Becik), silakan mendaftar di tautan ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *