Maria Montessori

Maria Tecla Artemisia Montessori (lahir 31 Agustus 1870, wafat 6 Mei 1952) adalah seorang dokter dan pendidik dari Italia yang dikenal sebagai filosof pendidikan dan tulisan-tulisannya tentang pedagogy (ilmu dan metode pendidikan dan pengajaran).

Tujuan dari pendidikan anak usia dini adalah mengaktifkan hasrat alami anak untuk belajar

Salah satu filosofi metode montessori adalah mendidik anak dengan teladan. Jangan memerintahkan anak, tetapi contohkan bagaimana melakukannya. Karena, kalau kamu hanya mengatakannya, anak hanya akan melihat bibir kamu saja. Tetapi jika kamu mencontohkannya maka anak akan berkeinginan untuk melakukannya sendiri.

Pendidikan adalah proses alami yang berkembang secara spontan pada manusia. Tidak didapatkan dari mendengarkan sebuah kata, tetapi sebuah hasil kebajikan dari pengalaman dimana seorang anak berperilaku di lingkungannya.

bahasa yang paling sempurna dapat diucapkan oleh manusia adalah saat dia bayi,

ketika tidak satu orang pun yang mengajarinya

Pendidikan yang dimulai dari anak usia dini bukanlah mempersiapkannya untuk sekedar bersekolah, tetapi untuk menjalani sebuah kehidupan.

Karena pada akhirnya, kesadaran menemukan karakternya dan memiliki kemampuan sendiri, dihargai dan dicintai oleh lainnya, merasa berguna dan produktif adalah faktor utama dari jiwa manusia pada umumnya.

Gambar diambil dari https://en.wikipedia.org/wiki/Maria_Montessori

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *