Charlotte Mason

Children Are Born Persons

adalah ungkapan yang sangat menggaung ke dunia pendidikan di tahun 1880an yang terus relevan sampai sekarang dan nanti. Charlotte Maria Shaw Mason (1 January 1842 – 16 January 1923) adalah guru yang walk the talk (melakukan apa yang telah diucapkan), sehingga dampaknya mendalam terhadap guru dan siswa bahkan terhadap kehidupan keluarga dalam mendidik orang tua dan anaknya.

Layaknya sebuah biji, anak sudah mempunyai potensi untuk berkembang menjadi pribadi yang utuh. Segala potensi khas dari seorang manusia dewasa sudah ada dan itu adalah pemberian dariNya. Ini bukanlah potensi awal yang bisa dinilai baik dan buruknya.

Dia akan menjadi baik jika ditumbuhkan dengan baik melalui tahap ketaatan sebagaimana layaknya orang yang baru belajar kepada gurunya. Sebuah ketaatan yang tumbuh dari rasa hormat kepada guru dan orang tuanya sebagai pendidik pertama.

Education is an atmosphere, a discipline, a life

Anak, orang tua, guru dan lingkungan sekitarnya membuat atmofsir kehidupan yang menumbuhkannya menjadi pribadi yang utuh. Anak belajar dari tutur, laku dan teladan lingkungan sekitarnya.

Kebiasaan baik yang teratur dari lingkungan terdekatnya melatih kedisplinannya secara alamiah. Kehidupan lingkungan sekitarnya adalah pendidikan yang paling baik. Anak tidak saja belajar tetapi juga meneladani kebiasaan baik itu. Anak tidak saja mendapatkan ide tetapi juga penerapannya (konteks). Pengalaman yang dinamis, hidup dan lekat dengan kesehariannya.

Dengan dasar yang baik dari lingkungannya inilah, akar budi pekertinya mendalam dengan kuat. Kehendaknya menjadi lebih terarah karena tumbuh darinya. Nalarnya pun berkembang dan terkendalikan dengan baik. Dengan teladan kehidupan yang nyata, anak terbiasakan dengan memilih dan memilah yang baik dan buruk baginya.

Sehingga, dia menjadi insan yang bertanggungjawab, bukan saja terhadap dirinya tetapi juga alam sekitarnya. Karena semua ini adalah ciptaanNya dan kita bertanggungjawab untuk memelihara kehidupannya. Kehidupan akademis, kehidupan beragama, kehidupan sosial … semuanya saling berhubungan, saling menguatkan … karena Tuhan selalu bersama seluruh kehidupannya.

Children are born persons

gambar Charlotte Mason diambil dari https://en.wikipedia.org/wiki/Charlotte_Mason

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *