Pembelajaran Jarak Jauh di Piwulang Becik

Wabah corona belum memperlihatkan adanya tanda penurunan jumlah yang terjangkit. Masih butuh waktu untuk mendapatkan kondisi normal seperti biasa. Demikian pula untuk dunia pendidikan.

Untuk mengurangi resiko terpapar wabah saat anak berangkat naik kendaraan umum dan berkumpul di dalam kelas, Piwulang Becik (PBx) memberikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sesuai Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah seperti tercantum dalam Surat Edaran nomor 15 tahun 2020 di bawah ini dan menyenangkan bagi anak dan orang tuanya. Siswa bukanlah obyek, tetapi subyek dari pendidikan itu sendiri. Karenanya PBx tidak pernah memindahkan detil tugas harian kelas konvensional kepada anak di rumah, dimana akan membebani anak dan orang tuanya.

Berikut adalah keterangan Teknis Pembelajaran Jarak Jauh di PBx.

Kelompok Bermain

KB di PBx adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) gabungan dari pendidikan nonformal dengan informal yang merupakan jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.

Anak-anak bermain dan berkegiatan dengan pendampingan di Student Club (SC) yang telah dipilih karena disenanginya. Anak didampingi oleh salah satu anggota keluarga atau kerabat di rumah dan juga pendamping di PBx melalui daring. Selain live meeting mingguan, orang tua bisa saling berdiskusi di SC yang disenangi tersebut. Pendamping juga akan memberikan informasi yang berguna sehingga bisa dibaca oleh orang tua.

SC adalah tempat dia bermain, belajar dan bersosialisasi, baik di dunia Pembelajaran Jarak Jauh atau pun saat bertemu dan bertatap muka. Cuplikan video ini adalah pendampingan SC Menggambar di live meeting PBx.

Tidak ada ujian kelulusan di KB, karena PAUD bukan merupakan prasyarat untuk mengikuti pendidikan dasar. Peserta didik akan mendapatkan Laporan Perkembangan dan Pertumbuhan Anak, dan Surat Tanda Serta Belajar.

Pendidikan Kesetaraan Kelas 1 Sampai 3

PBx mengikuti Dinas Pendidikan RI dalam menerapakan model pembelajaran tematik di jenjang ini. Ada 8 tema yang diberikan kepada anak-anak dalam 1 tahun. Bahan ajar termatik ini mudah dibaca dan diunduh di Setara Daring yang disediakan oleh Dinas Pendidikan.

Kecepatan anak dalam membaca tema dan mengerjakan tugasnya berbeda-beda. Karena itu tidak ada jadwal UTS (Ujian Tengah Semester) atau UAS (Ujian Akhir Semester). Setiap anak akan menyelesaikan 4 tema di semester I dan 4 tema lagi di semester II, sehingga di akhir tahun, ke 8 tema tersebut akan diselesaikannya dan mendapatkan ketuntasan belajar.

Sedangkan pendalaman minat dan penumbuhan ketrampilan anak dilakukan di Student Club. Di sinilah anak bertumbuh bersama teman lainnya dan pendamping di lingkungan PBx.

Rapor diberikan kepada setiap anak jika tugas 8 tema sudah selesai dan mengumpulkan portofolio hasil pendalaman minat di SC, sesuai dengan Kontrak Belajar yang telah disepakati di awal tahun ajaran.

Pendidikan Kesetaraan Kelas 4 Sampai 9

PBx mengikuti Diknas Pendidikan RI dalam menerapkan model pembelajaran modular di jenjang ini. Ada 3 modul yang musti diselesaikan di setiap mata pelajaran wajib di semester I dan 2 modul di semester II. Kelima modul wajib tersebut diuraikan sebagai berikut:
– kelas 4 sampai 6: PKN, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.
– kelas 7 sampai 9: PKN, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Bahan ajar modular yang mudah dibaca dan pengejaan soal yang sederhana ini dilakukan di Setara Daring yang disediakan oleh Dinas Pendidikan.

Sedangkan pendalaman minat dan penumbuhan ketrampilan anak di area STEAM (Science Technology Engineering Arts Mathematics) dilakukan di Student Club. Di sinilah anak bertumbuh bersama teman lainnya dan pendamping di lingkungan PBx yang berasaskan gotong royong.

Rapor diberikan kepada setiap anak jika tugas dan soal modular sudah selesai dan mengumpulkan portofolio hasil pendalaman minat di SC, sesuai dengan Kontrak Belajar yang telah disepakati di awal tahun ajaran.

Peminatan di Kelas 10 Sampai 12

Jenjang ini adalah kelanjutan dari jenjang sebelumnya yang modular:
– kelas 10 sampai 12: PKN, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika.

Tetapi lebih spesifik lagi karena ada penjurusan sesuai dengan minat peserta didik :
– Peminatan Matematika dan Ilmu Alam: Matematika Peminatan, Biologi, Fisika, Kimia.
– Peminatan Ilmu Sosial: Sejarah Peminatan, Ekonomi, Sosiologi, Geografi.
– Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya: Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Bahasa Asing Lain, Antropologi.

Dengan Pembelajaran Jarak Jauh ini, peserta didik mempraktekan Merdeka Belajar di manapun, kapanpun dengan siapapun sesuai skillset yang sedang dibangunnya. Tutorial dengan bahan ajar yang luas dan pendamping yang berpengalaman dalam dunia pendidikan dan profesional. Berdiskusi dengan teman dan pendampingnya melalui Tatap Maya di Student Clubs. Yang mana semuanya ini akan membantu meningkatkan ke-Mandiri-an, disiplin, inisiatif diri dan semangat berkolaborasi warga belajar.

Ijazah

Tahun ajaran 2019/2020 yang telah berlalu, karena wabah corona, UN (Ujian Nasional) ditiadakan. Penggantinya adalah UPK (Ujian Pendidikan Kesetaraan) yang dilakukan sesuai dengan protokol wabah corona. PBx melakukan UPK daring dengan mekanisme yang sah dan legal mengikuti aturan Dinas Pendidikan. Peserta didik melakukan UPK melalui mobile phone atau PC di tempatnya masing-masing.

Tahun ajaran 2020/2021, UN juga ditiadakan. Tetapi mekanisme ujian belum dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan.

Surat Keterangan Lulus (SKL) diberikan setelah rapor selesai sesuai dengan Kontrak Belajar dan Berita Acara UPK (atau mekanisme lain yang akan ditentukan oleh Dinas Pendidikan). Dan Ijazah diberikan setelah PBx menerima kertas legal dari Dinas Pendidikan. Biasanya butuh waktu untuk mendapatkan lembar ijazah ini. Untuk sementara waktu, SKL bisa digunakan untuk pengurusan pendaftaran ke perguruan tinggi atau lainnya.

Keterangan lain bisa diperoleh dari tautan berikut:

– Pengenalan awal tentang PBx dan lingkungan belajarnya.
STEAM dengan asas gotong royong.
Pendapat anak tentang PBx SC
– Kegiatan Student Club Sinematografi
– Pendampingan Student Club Menggambar oleh kak Kliwon
Homeschooling dan Portofolio menurut Aar Sumardiono

PBx masih membuka pendaftaran bagi anak yg belum terdaftar bersekolah, untuk tahun ajaran 2020/2021.

Silakan isi formulir pendaftaran ini  sesuai dengan ketentuan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) untuk menghindari kesalahan penulisan nama di Dapodik, Rapor dan Ijazah. Dapodik menghendaki data rinci siswa, dimana memuat tinggi/berat badan, dll nya.

Kelengkapan dokumen bisa discan/foto secara jelas shg bisa dibaca, kmd email ke admin@piwulangbecik.org :
1. Akta Kelahiran
2. KK (Kartu Keluarga)
3. KTP Orang Tua/Wali/KTP Siswa (jika sudah mempunyai)
4. Foto (bisa difoto memakai telepon seluler)
5. Rapor sebelumnya
6. Ijazah Sebelumnya

Hormat kami,
Administrator PKBM Piwulang Becik

catatan:
pengisian formulir pendaftaran ini tidak serta merta diterima di PKBM Piwulang Becik. Jika tidak memenuhi syarat tersebut di atas, maka PKBM Piwulang Becik mempunyai hak untuk menolak pendaftaran tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *