Belajar Menahan Diri

Makanlah seperlunya.
Tidak semua yang tersedia
musti habis untuk dirinya.
Ingatlah teman lainnya.

Perut ada batasnya.
Butuh ruang antara.
Berjejal, sumpek jadi susah mencerna.
Bukan sehat, nanti jatuh sakit jadinya.

Kalau terlalu sering mencerna,
kapan kerjanya.

Nafsu perlu terkendali.
Belajarlah menahan diri.

Sebenarnya tubuh tidak memerlukan banyak makanan untuk mengenyangkan. Ada beberapa cara yang sehat supaya kita kenyang setelah makan:

  1. Makan secara perlahan dan mengunyahlah dengan baik
    Lambung akan mudah menyerap makanan yang telah terkunyah dengan sempurna dan bercampur dengan enzim ludah yang dikeluarkan.
  2. Makan dengan tenang dan tanpa gangguan
    Makan sambil menonton televisi atau bermain game menjadikan kamu mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Dan janganlah berebut makanan saat makan bersama.
  3. Minum air secukupnya
    Minum air secukupnya sebelum dan sesudah makan membuat kamu merasa kenyang.

Dan bahaya apa yang akan ditimbulkan jika makan berlebihan:

  1. Kemalasan
    Perut yang terlalu kenyang akan membuat kerja lambung dan enzim pencernaan bekerja lebih berat. Karena energi banyak dikeluarkan untuk mencerna makanan, membuat tubuh kelelahan dan kekurangan energi untuk aktivitas lainnya.
  2. Penyakit organ tubuh lainnya
    Sisa dari hasil pencernaan dari makanan yang berlimpah akan ditimbun dalam bentuk lemak yang bisa menimbulkan kegemukan berlebihan. Ini pemicu penyakit diabetes, jantung dan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *