Less Regulation More Innovation

Asah Pena dan Kultur Parenting pada hari Sabtu 13 Juni 2020, mengadakan webinar Strategi Pembelajaran Era Kenormalan Baru. Rekaman webinar ini bisa dilihat kembali di channel Youtube Kultur Parenting.

Kali ini kita ingin menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh bapak Hamid Muhammad (Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah) untuk isu yang paling menarik saat ini:
– Pembelajaran Jarak Jauh
– Less Regulation More Innovation
– Satuan pendidikan harus mengoptimalkan layanan
– Pelonggaran penggunaan dana BOS/BOP
– Jaga stamina
– Mendukung inisiatif satuan pendidikan
– Merdeka belajar adalah inovasi yang bertanggung jawab

Pembelajaran Jarak Jauh di Semester I 2020/2021

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 2:54:20
Prinsip utama pemerintah adalah kesehatan peserta didik dan warga satuan pendidikan, namun hak belajar untuk mendapatkan pendidikan juga harus dipenuhi. Karena keduanya sama pentingnya.

Walaupun banyak usulan, tetapi tahun ajaran baru tidak bisa ditunda sampai nanti Januari 2021 dengan pertimbangan:
– kelas akhir SD SMP SMA harus tetap melakukan pembelajaran
– tidak ada satupun dari gugus tugas covid-19 dan tim ahli yang bisa menjamin bahwa nanti pada bulan Januari 2021 tidak ada satu pun kasus yang terpapar covid-19

Karenanya, tahun ajaran baru tetap dimulai Senin 13 Juli 2020, tetapi dengan aturan sebagai berikut:
– untuk semua zona kuning, oranye dan merah tidak ada satu pun yang diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka di semester I tahun ajaran 2020/2021, dan harus dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
– untuk zona hijau, pemerintah daerah tetap harus melakukan asesmen untuk memastikan tidak ada satu pun yang terpapar covid-19.
– yang telah melakukan asesmen pun, tidak serta merta bisa langsung menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Harus melalui syarat yang ketat, misal: masker harus disediakan untuk semua murid dan guru, tempat cuci tangan dengan air yang mengalir, kantin tidak boleh buka, kegiatan olah raga, ekskul tetap tidak boleh dilakukan.

Dan pertimbangan orang tua wajib diperhatikan. jika suatu daerah sudah memperbolehkan peserta didik datang ke sekolah, tetapi orang tua merasa tidak yakin akan kesehatan anaknya, maka sekolah tidak boleh memaksa anak tersebut untuk datang.

Harap diketahui, jumlah peserta didik di zona merah, oranye dan kuning mencapai 94% dari keseluruhan peserta didik di Indonesia. Hanya 6% saja yang berada di zona hijau.

Less Regulation More Innovation

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:11:40
Merdeka belajar itu intinya adalah Less Regulation More Innovation. Dimana regulasi di saat kondisi normal tidak serta merta kaku harus dilakukan juga di masa pandemi. Misal, pengajaran tidak harus persis mengikuti KD (Kompetensi Dasar). Penerapan e-rapor juga tidak harus dilakukan sekarang.

Menteri pendidikan justru memberikan keleluasaan kepada guru dalam mengajar, dimana bisa hanya memberikan esensi materinya saja. Pemerintah mendukung inisiatif para guru dan satuan pendidikan melakukan terobosan dalam mengatasi masalahnya.

Bagi yang belum mampu berinisiatif, pemerintah akan memberikan modul dan KD yang telah disederhanakan untuk setengah semester I tahun ajaran 2020/2021.

Satuan Pendidikan Harus Mengoptimalkan Layanan

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:25:00
Selama masa pandemi dan PPDB, beberapa sekolah swasta tidak melakukan kegiatan belajar dan mengajar dengan baik. Satuan pendidikan hanya mengirimkan materi dan soal, kemudian meminta jawaban untuk dikirimkan kembali. Dan ini tentu tidak disukai oleh para orang tua murid dan membebani peserta didik. Yang mengakibatkan beberapa orang tua tidak akan mau membayar sepeserpun.

Karenanya, satuan pendidikan harus memperbaiki sistem pengajarannya dan mengoptimalkan layanan pendidikannya.

Pelonggaran Penggunaan Dana BOS/BOP

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:30:41
Di era sekarang ini, ketika pandemi masih menghantui, pemerintah melonggarkan penggunaan dana BOS/BOP. Tidak dibatasi dan silakan diatur sesuai kebutuhannya.

Jaga Stamina

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:32:30
Jagalah stamina, karena kita tidak tahu kapan wabah ini bisa diselesaikan secara tuntas.

Mendukung Inisiatif Satuan Pendidikan

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:35:15.
Menteri mendorong inisiatif satuan pendidikan untuk mengatasi masalah. Hanya jika memang sudah mentok, Mendikbud baru akan mencarikan solusinya.

Merdeka Belajar adalah Inovasi yang Bertanggung jawab

Channel Youtube Kultur Parenting mulai menit ke 3:41:40
Jangan menunggu pusat, sekarang saatnya berinisiatif dan fleksibel. Jangan selalu minta juklak dan juknis untuk melaksanakannya, dimana kedua istilah itu sangat dihindari oleh menteri Nadiem. Sepanjang target meningkatkan mutu pendidikan tercapai, lakukan saja. Jangan terhambat karena regulasi yang dipakai saat normal. Sekarang masa tidak normal. Jangan terkecoh dengan istilah new normal.

Pemerintah melakukan banyak relaksasi, tetapi kemerdekaan belajar ini syaratnya tetap harus bertanggung jawab.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *