Tips Kegiatan Belajar yang Menyenangkan untuk Anak Di Rumah

Tips Kegiatan Belajar yang Menyenangkan untuk Anak Di Rumah

Di masa pandemi sekarang tentu banyak kegiatan yang dibatasi, bahkan sekarang tidak boleh keluar rumah. Penyebaran virus yang cepat, tentunya akan mengancam kesehatan kita dan anggota keluarga yang lain termasuk anak. Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan dengan mengikuti anjuran pemerintah #dirumahsaja.

Seperti yang kita tahu jika hampir semua kegiatan diadakan secara online, termasuk belajar. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, dalam kondisi seperti ini tentu pendampingan orangtua terhadap pendidikan anak sangatlah penting.

Terkadang kegiatan belajar di rumah sering kali membuat anak-anak merasa bosan. Mereka harus mengikuti kelas virtual kemudian mengerjakan tugas. Siklus belajar yang sama dan dijalani dalam jangka waktu yang panjang tentu akan membuat anak merasa sedikit stres. Jika sudah seperti ini maka anda perlu mengganti metode belajar yang lebih menyenangkan.

Kegiatan belajar sambil bermain menjadi alternatif yang membuat anak bersemangat kembali. Akan tetapi sebelum itu ada yang harus anda buat terlebih dahulu yakni jadwal kegiatan.

Membuat jadwal harian anak

Ingatkan anak jika ini bukan libur Panjang dan diskusikan secara terbuka dengan komunikasi yang baik dengan mereka. Karena saat membuat jadwal kegiatan anak, sebenarnya anda juga mengatur jadwal anda sendiri. Beberapa yang perlu diperhatikan:

  • Jumlah tugas yang dikerjakan dan tenggang waktunya
  • Waktu beristirahat dan bermain
  • Waktu beribadah
  • Waktu tidur siang

Kegiatan belajar sambil bermain di rumah

Setelah anda mengatur jadwal kegiatan dengan baik. Selanjutnya adalah menyiasati kegiatan belajar sambil bermain. Kegiatan ini bisa menjadi quality time moment antara orangtua dan anak, ini juga menjadi kesempatan bagi anda untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik pada anak.

Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada dan memilih permainan tradisional.

Permainan tradisional cenderung membutuhkan aktifitas fisik dan kerjasama tim. Sehingga secara tidak langsung anak akan berolahraga dan belajar bersosialisasi meskipun masih dalam lingkup kecil. Berikut ini adalah permainan tradisional yang bisa menjadi alternatif belajar sambil bermain di rumah.

1.      Engklek

Mungkin permainan ini sering anda mainkan saat masih kecil, sambil bernostalgia anda bisa mengajak anak untuk bermain bersama. Anda dan anak bisa menyiapkan gambar petak engklek dan gacuk. Permainan ini sangat menyenangkan dimainkan setidaknya 3-5 orang, bermain engklek dapat menumbuhkan jiwa kompetitif pada diri anak.

2.      Lompat tali

Saat ingin bermain lompat tali tentu orangtua dan anak membutuhkan tali karet yang dirangkai panjang. Bermain lompat tali sama dengan berolahraga dengan intensitas tinggi.

3.      Mengembangbiakan tanaman

Selain beraktivitas fisik, kegiatan belajar sambil bermain lainnya adalah berkebun atau menanam bunga dan tanaman hias lainnya untuk halaman rumah. Anda bisa mengajak anak untuk menanam mulai dari bijinya, atau jika memungkinkan anda bisa mengajarkan teknik mencangkok tanaman.

4.      Membuat rangkaian listrik sederhana

Anda bisa mempraktekan aliran listrik sederhana dengan kabel, baterai, dan bola lampu.

Sebenarnya masih banyak kegiatan belajar sambil bermain yang bisa anda praktekan sendiri di rumah, namun yang terpenting orangtua mampu membangun storytelling pada anak. Storytelling merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan literasi anak tanpa terbebani. Anda tak perlu menggunakan barang-barang yang canggih, anda bisa memanfaatkan benda apa saja di rumah. Jadikan kondisi ini, momentum menjadi orangtua yang edukatif mendampingi proses belajar anak dari yang mereka tak ketahui hingga hal-hal yang dipahami secara mendalam.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *