4 Karakter Yang Harus Ditanamkan Pada Anak Sedari Dini

4 Karakter Yang Harus Ditanamkan Pada Anak Sedari Dini

Pendidikan Karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi anak-anak. Pendidikan karakter bukan hanya sekadar pengenalan anak terhadap diri mereka, namun pendidikan karakter juga membantu anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Bahkan hampir semua lembaga pendidikan di dunia, mementingkan unsur pendidikan karakter dalam setiap kegiatan yang dilakukan sang anak. Apalagi jika lembaga pendidikan tersebut berbasis ajaran-ajaran agama, dimana kecerdasan spiritual dijunjung tinggi. Lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan umumnya bukan hanya mementingkan aspek akademis saja, mereka juga membentuk perilaku anak, dan menanamkan karakter keagamaan secara praktek.

 

Sebenarnya pendidikan karakter bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil, contohnya saja membiasakan anak untuk pamit sebelum pergi entah belajar atau bermain dengan temannya, atau mengucapkan salam kepada orangtua, membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud melindungi alam sekitar. Namun saat ini masih banyak orangtua yang belum memahami bagaimana pendidikan karakter pada anak. Bahkan mereka belum tahu karakter seperti apa yang sebaiknya diajarkan pada anak sedari dini.

Saat ini banyak lembaga pendidikan baik itu formal maupun non-formal yang menggaungi pendidikan karakter. Tentu saja hal itu sangatlah bagus, namun sebagai orangtua tentu kita harus tahu dasar-dasar dari pendidikan karakter itu sendiri. Jangan sampai karena minimnya informasi anda langsung memasrahkan semuanya pada pihak pengajar. Padahal peran orangtua juga sangat penting dalam membangun karakter anak-anaknya.

Secara istilah formal, pendidikan karakter merupakan sebuah sistem pendidikan yang sistematis dan direncanakan dalam mendidik serta memberdayakan dan mengembangkan potensi peserta didik agar membangun karakter pribadinya sehingga mereka dapat tumbuh sebagai individu yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat umum.

Berbagai pendidikan karakter yang perlu ditanamkan pada anak sedari dini

Karakter merupakan identitas yang melekat pada anak. Karakter bisa ditunjukkan melalui sikap, perilaku, dan tindakan anak dalam lingkungan sosialnya. Tanpa ada pendidikan karakter, anak akan kesulitan tumbuh menjadi pribadi yang dewasa. Pendidikan karakter yang kurang baik akan membangun stigma negatif masyarakat terhadap anak tersebut. Adapun pendidikan karakter yang perlu ditanamkan sedari dini, antara lain:

1.      Karakter religius

Nilai agama sangat dijunjung tinggi di masyarakat, karena nilai-nilai agama menjadi langkah awal manusia dalam mengembangkan sifat, sikap, dan perilaku. Apalagi agama menjadi cerminan penghargaan terhadap perbedaan terutama pada perkembangan anak. Nilai religi mernjadi nilai yang paling tepat ditanamkan sejak kecil dan tentunya harus berkembang seiring bertambahnya usia anak. Tentu peran orangtua dan pihak pengajar sangatlah penting, karena mereka akan menjadi sosok teladan sekaligus pengingat bagi anak.

2.      Mencintai kebersihan dan lingkungannya

Pendidikan karakter lain yang harus ditanamkan sedari dini adalah cinta terhadap kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya. Kebersihan dapat menghindarkan anak dari hal-hal buruk seperti gangguan kesehatan. Apalagi semakin hari kondisi bumi semakin buruk, karena tingkat polusi yang semakin tinggi. Kebersihan diri bukan hanya tentang rajin mencuci tangan saja, namun hal ini berkaitan pula dengan kondisi jiwa yang kuat.

3.      Sikap dan perilaku yang simpatis

Rasa simpati yang besar menjadi hal yang perlu dimiliki anak saat hidup bermasyarakat nanti. Rasa peduli akan membantu anak dalam membangun relasi yang sehat nantinya. Relasi ini bukan hanya dalam lingkup pertemanan saja, namun juga dalam keluarga, ataupun bermasyarakat. Wujud dari simpatik bisa dalam bentuk menolong sesama, serta dapat memposisikan dirinya sebagai orang lain. Saat anak berhasil memposisikan dirinya sebagai orang lain, maka ia akan lebih cerdas dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

4.      Sikap dan perilaku yang jujur

Sikap jujur merupakan sesuatu yang sangat mahal di zaman sekarang. Tak heran kini banyak orang yang mengalami krisis kepercayaan, seperti  membuat orang sulit mempercayai kebaikan seseorang yang secara tulus. Sehingga kejujuran menjadi hal yang langka. Menumbuhkan kejujuran pada anak bisa dikatakan memiliki tantangan tersendiri. Kejujuran kini menjadi investasi dan modal yang besar bagi anak untuk membangun komunikasi yang sehat dan efektif dengan orang lain. Cara mudah untuk mengajarkan anak bersikap jujur adalah dengan membiasakan bersikap jujur pula bagi orang dewasa.

Mengingat pentingnya pendidikan karakter, ada baiknya orangtua dan lingkungan sekitar anak ikut berperan dalam proses pembentukkannya. Mulailah melakukan hal-hal baik bersama anak, serta berikan nasihat-nasihat yang menenangkan hati pada mereka. Sehingga secara perlahan anak akan mulai memahami nilai-nilai karakter. Ingat, saat masih berusia anak-anak seseorang tidak bisa membedakan baik dan buruk. Orang dewasalah yang sepatutnya membimbing mereka.

 

 

Demikian artikel ini kami buat semoga memberikan gambaran bagi anda tentang serba serbi dunia pendidikan. Apabila ada pertanyaan tentang pendidikan alternatif Anda bisa hubungi kami di https://piwulangbecik.sch.id untuk informasi lebih lanjut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *