Sepenting Apa Mengajarkan Pendidikan Karakter pada Anak Sedari Dini?

Sepenting Apa Mengajarkan Pendidikan Karakter pada Anak Sedari Dini?

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata karakter? Apakah itu tentang sifat, perilaku, tindakan, atau lainnya? Secara sederhana karakter dapat diartikan sebagai cara berpikir, bersikap dan bertindak seseorang yang menggambarkan dirinya secara individu saat hidup bersosial di lingkungan keluarga, masyarakat, ataupun pertemanan. Karakter seseorang sangat erat dengan nilai agama, kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti, sehingga hal inilah yang membedakan seseorang dengan orang lain. Karakter seseorang umumnya dibangun sejak usia anak-anak, sehingga sangat penting bagi orang dewasa untuk membentuk karakter anak sejak usia dini.

 

Umumnya disaat anak berusia 6 bulan hingga 1 tahun mereka akan mengenal dunianya. Sehingga pada masa tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak  hingga usia remaja kelak. Maka dari itu, masa tersebut dikenal sebagai masa Usia Emas (golden Age). Untuk itu, para orangtua harus memperhatikan lingkungan sekitar anaknya, pergaulan dan pendidikan adalah dua hal yang akan menentukan bagaimana karakter anak saat mereka berusia dewasa nanti. Jika anak tumbuh dalam pergaulan dan pendidikan moral yang baik, maka saat mereka dewasa, anak akan memiliki sifat-sifat yang baik. Hal itu juga berlaku sebaliknya.

Bila diperhatikan saat ini, tingkat kejahatan di usia remaja cukup tinggi. Ada banyak kasus pembullyan baik secara fisik ataupun verbal yang diberitakan di media, bukan hanya itu tingkat pelecehan seksual, kecanduan, dan tawuran juga terkadang membuat kita semua khawatir. Terlebih dengan adanya internet, memungkinkan anak mengakses hal-hal buruk yang tidak sepatutnya mereka konsumsi. Ingat apa yang mereka tonton bisa menjadi doktrin yang akan berpengaruh terhadap karakternya.

Melihat kondisi saat ini, tentu kita perlu melakukan tindak pencegahan yakni dengan memberikan pergaulan dan pendidikan karakter yang baik bagi anak. Dalam hal ini, peran orangtua sangatlah penting. Sikap orangtua sangat berpengaruh terhadap keberhasilan mendidik karakter anak baik secara fisik yang meliputi kebutuhan gizi dan kesehatan jasmani, maupun secara psikologis yang berupa tercukupnya kasih sayang dan rasa aman. Terlebih saat masih berusia anak-anak umumnya mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama orangtua, sehingga anak akan melihat bagaimana tindakan dan perilaku orangtuanya dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah anak merupakan peniru terbaik, apa yang orangtua mereka lakukan. Mereka akan ingat dan menirunya dengan baik. Untuk itu, karakter orangtua mungkin saja menurun pada anaknya.

Faktor lain yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak ialah lingkungan sekitarnya. Kondisi lingkungan juga berpengaruh besar terhadap karakter anak di masa depan. Kondisi lingkungan dapat diartikan pula sebagai kondisi pergaulan anak dalam lingkungannya, hal ini meliputi bagaimana tata bahasa yang digunakan, sikap orang disekitarnya, dan bagaimana kondisi sosial yang ada. Jika kondisi lingkungan di sekitar anak baik, maka karakter yang akan dimiliki akan juga baik. Namun, jika kondisi lingkungannya buruk seperti wilayah yang rawan kejahatan, atau kondisi keluarga yang broken home, maka hal ini akan membentuk karakter yang kurang baik pada anak. Bisa saja pengalaman masa kecil yang kurang menyenangkan membentuk karakter buruk di saat mereka dewasa, misalnya menjadi sosok yang pendendam, mudah marah, dan lain sebagainya.

Hal lain yang tak kalah penting dari peran orangtua dan kondisi lingkungan adalah pendidikan yang ditanamkan kepada anak. Sebagai orangtua, tentu sebaiknya anda menanamkan nilai-nilai kehidupan yang wajib dimiliki anak. Nilia-nilai hidup yang harus dimiliki anak berupa nilai keagamaan, jujur dan baik, bertanggung jawab, demokratis, mempunyai rasa simpati, serta hormat dan mencintai orangtua. Nilai-nilai kehidupan tentu sangat penting, hal ini bukan hanya sebagai pembentuk karakter saja, nilai-nilai tersebut agar berguna bagi anak saat mereka ingin menentukan tujuan hidupnya.

Pendidikan karakter tak bisa lepas dari peran orangtua dan orang dewasa yang ada di sekitar anak. Meskipun ada banyak faktor yang dapat merubah karakter anak jika dewasa nanti, namun menanamkan nilai-nilai kebaikan sejak usia dini sangatlah penting bagi mereka. Bisa diibaratkan nilai-nilai yang ditanamkan adalah sebuah pondasi kuat, agar mereka lebih siap untuk belajar hal-hal baru di saat dewasa nanti.

 

Demikian artikel ini kami buat semoga memberikan gambaran bagi anda tentang serba serbi dunia pendidikan. Apabila ada pertanyaan tentang pendidikan alternatif Anda bisa hubungi kami di https://piwulangbecik.sch.id untuk informasi lebih lanjut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *