Berikut Metode Pembelajaran Daring Yang Efektif  Selama Masa Pandemi

Berikut Metode Pembelajaran Daring Yang Efektif  Selama Masa Pandemi

Selama masa pandemi Covid-19 ada banyak perubahan yang terjadi dari segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Dengan kondisi seperti sekarang tentu kita semua harus siap dengan segala bentuk inovasi dalam proses belajar anak. Apalagi sampai sekarang, masih belum diketahui kapan saatnya proses belajar tatap muka bisa dilaksanakan.

 

 

Setiap pusat belajar tentu memberikan metode belajar yang berbeda agar anak-anak tetap bisa belajar di rumah. Meskipun demikian, perlu kita ketahui bersama jika tak semua institusi pendidikan yang ada di Indonesia memiliki metode belajar yang efektif. Banyak dari pihak institusi yang kesulitan dan masih menyesuaikan diri karena beberapa hal.

 

 

Namun jangan cemas, meskipun proses belajar dilakukan secara daring ternyata ada beberapa metode pembelajaran yang pas untuk mendidik anak. Bahkan beberapa ahli juga sudah menggodok metode pembelajaran tersebut. Kira-kira apa saja metode pembelajarannya? Simak ulasannya berikut ini.

1.      Project based learning

Metode Project Based Learning ini diterapkan agar anak belatih untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan menumbuhkan empati pada sesama. Bahkan menurut Mendikbud, metode project based learning ini sangat efektif diterapkan untuk anak-anak dengan cara membetu kelompok belajar saat menyelesaikan projek, eksperimen, ataupun inovasi. Metode ini sangat cocok diterapkan pada wilayah zona kuning atau hijau karena dibutuhkan pertemuan kecil secara tatap muka untuk mengerjakan projek.

2.      Daring method

Metode daring adalah metode yang sangat membantu untuk menyiasati kondisi yang sedang tidak kondusif seperti sekarang. Metode pembelajaran secara daring diyakini dapat mengatasi permasalahan kegiatan belajar dan mengajar selama masa pandemi. Proses belajar dilakukan secara online. Metode daring sangat cocok diterapkan bagi Anda yang tinggal di zona merah. Kerena proses pembelajaran secara online tak membutuhkan pertemuan secara tatap muka.

3.      Luring method

Pembelajaran luring artinya pembelajaran tatap muka. Sebenarnya hal ini sangat mungkin dilakukan bagi wilayah dengan zona hijau, namun harus diiringi dengan protokol kesehatan. Umumnya metode pembelajaran luring dilakukan secara bergiliran. Metode luring digunakan, saat suatu wilayah memiliki sarana dan prasaran yang kurang mendukung untuk menerapkan pembelajaran daring.

4.      Home visit method

Home visit merupakan salah satu metode pembelajaran dimana pengajar mendatangi rumah dalam kurun waktu tertentu. Home visit bisa pas diterapkan bagi anak yang kurang memiliki kesempatan untuk memperoleh perangkat teknologi yang memadai. Sehingga, pembelajaran yang diberikan kepada anak bisa tersampaikan dengan baik.

5.      Blanded learning

Metode selanjutnya adalah metode blended learning. Metode blended learning merupakan merupaka yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam hal ini berarti, metodemenggunakan sistem daring dan tatap muka melalui video converence. Sehingga meskipun pihak pembelajar berada jauh dari pengajarnya, pembelajaran masih bisa dilakukan dengan baik, dengan ini keduanya dapat saling berinteraksi.

6.      Integrated curriculum

Metode pembelajaran akan lebih efektif jika materi merujuk pada project base learning. Dimanan setiap kelompok belajar akan diberikan projek yang relevan untuk materi yang terkait. Metode integrated curriculum ini bukan hanya melibatkan 1 materi saja, namun mengaitkan materi yang lain. Selain melatih kerja sama anak, metode ini juga memberikan kesempatan untuk membentuk team teaching dengan pengajar. Umumnya metode ini diterapkan secara daring maupun luring, sehingga bisa diterapkan di semua wilayah.

Kondisi pandemi tentu membuat banyak orangtua khawatir akan pendidikan anaknya, akan tetapi dengan metode yang tepat pembelajaran pun bisa terlaksanakan dengan baik. Pastikan metode pembelajaran disesuaikan dengan kondisi saat ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar seseorang bisa belajar, yang terpenting adalah adanya niat belajar pada anak dan dukungan orangtua yang mendampingi proses belajar anak. Serta peran pengajar yang memberikan materi yang mudah dipahami meskipun dalam kondisi terbatas seperti ini.

 

 

Demikian artikel ini kami buat semoga memberikan gambaran bagi anda tentang serba serbi dunia pendidikan. Apabila ada pertanyaan tentang pendidikan alternatif Anda bisa hubungi kami di https://piwulangbecik.sch.id untuk informasi lebih lanjut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *