Setiap Orang Bisa Mengajari, Namun Mereka Belum Tentu Menjadi Pengajar Yang Baik

Setiap Orang Bisa Mengajari, Namun Mereka Belum Tentu Menjadi Pengajar Yang Baik

“Pendidikan Adalah Senjata Paling Mematikan Di Dunia, Karena Dengan Pendidikan Anda Dapat Mengubah Dunia.” –  Nelson Mandela

Dunia banyak berubah karena semakin banyak orang yang melek akan pendidikan. Tentu hal ini tidak terlepas dari peran pengajar yang berdedikasi. Kompetensi seorang pengajar tentu harus memenuhi kualifikasi yang baik agar semakin banyak generasi cerdas yang lahir dari pendidikan yang tepat. Sayangnya banyak orang yang mengira jika pengajar yang baik dinilai dari gelar yang berhasil diperoleh.

Padahal menjadi seorang pengajar tak harus memiliki gelar tentu, siapapun bisa mengajari asal ada keinginan untuk memberikan pemahaman keilmuan ke orang lain. Namun memberikan pemahaman akan suatu ilmu juga tidak boleh asal, ingat apa yang kita sampaikan kepada orang lain juga harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk itu, tidak mudah menjadi seorang pengajar, mereka harus memenuhi beberapa kualifikasi agar menjadi pengajar yang baik. Berikut ini merupakan kualifikasi pengajar yang baik, antara lain:

1.      Selalu punya energi untuk peserta didiknya

Umumnya seorang pengajar yang baik akan menaruh perhatian pada setiap peserta didiknya baik itu dalam percakapan biasa ataupun diskusi. Seorang pengajar sebaiknya memiliki kemampuan menjadi pendengar yang baik untuk peserta didiknya.

2.      Memiliki tujuan yang jelas dalam mengajar

Bukan hanya peserta didik saja, namun seorang pengajar juga harus memiliki tujuan yang jelas selama proses mengajar. Sehingga ia akan bekerja penuh agar tujuan tersebut dapat tercapai.

3.      Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang tenaga pengajar yang baik tentu harus memiliki kemampuan disiplin yang efektif. Hal ini bertujuan untuk mengajak peserta didiknya melakukan perubahan perilaku positif selama proses belajar mengajar.

4.      Memiliki keterampilan dalam mengelola ruang belajar dengan baik

Ruang belajar bukan hanya tentang kelas dalam bentuk fisik, namun juga diskusi-diskusi virtual. Seorang pengajar yang baik tentu memiliki keterampilan dalam mengelola ruang belajarnya. Ia harus memastikan proses belajar dan bekerja berjalan secara kondusif dan efektif.

5.      Membangun komunikasi yang baik dengan orangtua

Pengajar yang baik adalah mereka yang mampu menjaga komunikasi terbuka dengan para orangtua, serta memberikan kabar tentang perkembangan anak-anaknya selama proses. Seperti perilaku, kedisiplinan, kemampuan yang dimiliki, dan isu lainnya.

6.      Memiliki harapan yang besar pada setiap peserta didiknya

Umumnya orangtualah yang memiliki harapan besar terhadap pendidikan anaknya, namun pengajar yang baik juga memiliki harapan kepada setiap peserta didiknya. Sehingga mereka akan memberikan dorongan agar setiap peserta didiknya terus bekerja keras.

7.      Memiliki pengetahuan tentang kurikulum

Kurikulum adalah hal yang penting dalam pendidikan, untuk itu seorang pengajar harus memiliki pengetahuan tentang kurikulum tersebut serta standar-standar pendidikan lainnya.

8.      Pengetahuan tentang subjek yang diajarkan

Pengajar tentu harus memiliki pengetahuan  yang luas dan memiliki minat terhadap subjek yang diajarkan. Sehingga mereka akan siap untuk menjawab pertanyaan dan membuat suasana belajar menjadi lebih menarik.

9.      Memberikan yang terbaik untuk peserta didiknya

Seorang pengajar yang baik umumnya memiliki gairah untuk berbagi ilmu dan bekerja bersama peserta didiknya.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan peserta didik

Pengajar yang baik adalah pengajar yang mampu membangun hubungan yang kuat dan saling menghargai dengan peserta didiknya. Hubungan yang dibangun memiliki landasan kepercayaan yang kuat.

11. Mengajarkan peserta didiknya untuk belajar bagaimana cara belajar

Padat proses ini berarti pengajar membiarkan peserta didiknya menemukan sendiri pertanyaannya atau pertanyaan yang diajukan kepada peserta didiknya.

12. Memiliki sifat baik kepada sesama pengajar

Pengajar bukan hanya memberikan pemahaman keilmuan tapi juga memberikan contoh yang baik. Sifat yang baik seperti rendah hati, mau berbagi ilmu, fleksibel, dan berprasangka baik.

13. Memiliki pengetahuan yang memumpuni terkait media sosial

Sosial media kini menjadi sebuah gaya hidup. Banyak orang yang berperilaku baik di dunia nyata namun jahat di dunia maya. Sebagai seorang pengajar tentu mereka juga harus besikap bijak dan beretika dalam menggunakan media sosial.

Demikian kualifikasi pengajar yang baik, hal ini bukan hanya berlaku kepada tutor. Namun juga berlaku kepada orang dewasa lain yang mendampingi proses belajar anak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *