Tak Ada Salahnya Mengajarkan Seni Sedari Dini Pada Anak, Ada Banyak Dampak Positif

Tak Ada Salahnya Mengajarkan Seni Sedari Dini Pada Anak, Ada Banyak Dampak Positif

Mungkin beberapa orang dewasa menganggap jika seni sebagai bagian dari bakat. Padahal seni merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak. Beberapa anak mungkin memiliki kelebihan dalam bidang kesenian, akan tetapi bakat itu juga perlu diasah kembali. Sebab, meskipun anak memiliki bakat seni namun jika hal itu tidak asah, maka perlahan bakat tersebut akan menumpul.

Aktivitas kesenian juga memiliki manfaat terapeutik atau penyembuhan untuk beberapa gangguan psikologis pada anak. Kegiatan seni merupakan kegiatan yang penuh kreativitas, sehingga hal ini dapat melepaskan energi dan emosi negatif pada anak.

Ada banyak dampak positif yang dimiliki anak jika mereka belajar kesenian sedari dini, di antaranya adalah:

1.      Mengenal beragam warna dan bentuk

Mengajarkan anak tentang seni yang paling dasar yakni menggambar, tenyata akan membuatnya mengenal lebih banyak bentuk dan warna. Anak akan mengenal warna-warna dari kerayon yang dimiliki seperti hitam, biru, merah, kuning, dan lain sebagainya. Selain warna anak juga bisa mengenal dengan berbagai bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, persegi dan lain-lain.

2.      Mengembangkan kemampuan motorik

Menggambar bukan hanya sekadar mencorat-coret saja. Aktivitas ini ternyata dapat mengembangkan kemampuan motorik anak, awalnya mereka akan menggerakan tangan untuk membuat coretan yang tidak jelas. Kemudian mereka mampu mengontrol gerakan tanganya sendiri sehingga mebuat sketsa gambar yang lebih rapi. Kemampuan motorik anak perlahan akan terasah dengan baik seiring ia berlatih.

3.      Kreativitas anak berkembang

Dengan melihat benda-benda seni yang unik anak akan merasa penasaran dan terpancing kreativitasnya. Saat kondisi ini terjadi sebaiknya anda membebaskan anak untuk berkreasi.

4.      Belajar disiplin dengan memahami peraturan

Saat anak mulai menekuni sesuatu tentu banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal itu, termasuk belajar kesenian. Pada saat itu, tugas anda adalah membuat peraturan agar kegiatan lain tidak terganggu. Peraturan tidak harus ketat, anda bisa membuatnya lebih fleksibel, agar anak merasa tidak tertekan.

5.      Menumbuhkan rasa percaya diri sejak kecil

Kegiatan seni baik itu, menggambar, prakarya, menari, atau berperan perlahan akan menumbuhkan rasa bangga anak terhadap dirinya sendiri. Apalagi jika hasil karyanya mendapatkan apresiasi yang baik dari lingkungan sekitar. Anda juga bisa meminta anak untuk membuat karya seni yang diperuntukkan orang lain seperti kakek, nenek, tante, kakak, atau lainnya.

6.      Belajar fokus pada apa yang dilakukan

Terkadang anak sering kehilangan fokusnya. Mereka bisa saja berpindah fokus dalam waktu yang singkat atau terganggu oleh hal tertentu seperti ajakan bermain, menonton TV, video game, dan lain sebagainya. Namun saat anak membuat karya seni mereka akan lebih tenang dan fokus saat melakukan hal itu sampai selesai.

7.      Belajar berkomunikasi dengan lancar

Umumnya orangtua hanya memberikan instruksi atau pertanyaan yang standar seperti “Sudah makan?”, “Sudah mandi?”

Pertanyaan tersebut tentu hanya ada dua jawaban yakni iya dan belum. Tentu berbeda jika anak belajar kesenian, anda bisa menanyakan “Apa yang ingin kamu gambar?”, kemudian anak akan menjawab panjang sambil bercerita. Dengan ini, anak akan belajar berkomunikasi dengan baik.

8.      Menyalurkan emosi negatif secara positif

Banyak anak yang tidak bisa memahami bentuk-bentuk emosi, sehingga mereka sering bingung sendiri dengan apa yang dirasakannya. Sayangnya banyak orangtua yang cenderung membiarkan. Salah satu dampak positif yang didapat dari belajar kesenian adalah anak dapat menyalurkan emosi negatif dalam dirinya melalui gambar seperti sedih, marah, ataupun kesal.

Banyak orangtua yang konsen terhadap pembelajaran akademik, namun mengabaikan minat dan kreativitas anak. Belajar seni sejak dini merupakan satu langkah awal untuk mengembangkan kemampuan anak dalam berbagai bidang lainnya. Sehingga sebaiknya tidak diabaikan begitu saja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *