Simak Cara Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Simak Cara Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Kegiatan belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orangtua saat-saat ini. Kondisi rumah dan ruang belajar tentu saja memiliki berbeda, misalnya di rumah Anda terlalu banyak perabotan sehingga ruang belajar yang dimiliki anak tidak terlalu besar. Namun tenang saja, dengan melakukan perubahan kecil maka kondisi rumah sekarang ini bukanlah penghalang untuk anak terus belajar dengan baik.

 

 

Seorang konsultan psikologi dan Coach Trainer Achsinfina H Sinta dikutip dari CNN Indonesia, menjelaskan jika proses belajar di rumah mesti dibangun dengan cara menyenangkan agar anak termotivasi untuk belajar dengan sendirinya dan paham materi yang diberikan. Belajar di rumah tentu berbeda jauh dengan belajar di institusi pendidikan biasanya karena ada keterbatasan ruang, teknologi, serta banyak perusaban yang mesti dilakukan di rumah yang terkadang membuat menjadi tidak praktis menjadi hal yang dipikirkan oleh kebanyakan orangtua. Akan tetapi kembali lagi hal-hal tersebut sebenarnya bukanlah menjadi penghalang bagi anak untuk mendapatkan lingkungan belajar yang menyenangkan di rumah.

Untuk itu, sebagai orangtua Anda perlu tahu bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak,s ehingga proses belajar tidak terhenti begitu saja selama masa pandemi. Oleh sebab itu, berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak di rumah:

1.      Sisihkan area tertentu di rumah yang dikhususkan untuk belajar

Cobalah tengok bagian rumah, adakah ruang yang jarang dipakai? Pilihlah satu tempat khusus yang nanti akan digunakan untuk rutinitas belajar anak. Jika tidak ada ruangan khusus, Anda juga bisa memanfaatkan ruang tamu atau ruang keluarga sebagai tempat anak belajar setiap harinya. Area tersebut sangat mudah diakses, sehingga Anda dapat memantau proses belajar anak.

2.      Jaga kebersihan area belajar anak

Pastikan tempat anak belajar selalu bersih dan nyaman, hal ini akan membuat anak lebih berkonsentrasi saat belajar. Pastikan pula kondisi tempat tersebut tertata dengan rapi, kondisi yang bersih rapi akan membuat suasana hati anak membaik sehingga semangat belajar pun akan tumbuh. Selain itu, jauhkan anak dari berbagai bentuk distraksi (gangguan) seperti Televisi dan lain sebagainya.

3.      Buat lingkungan belajar yang personal

Saat anak sudah belajar, pastikan area tersebut memang personal baginya. Anda bisa menanyakan apakah ia perlu ditemani atau tidak. Jika anak ingin memiliki ruang sendiri, maka biarkan anak untuk mengeksplorasi dirinya saat belajar. Penting bagi orangtua untuk menanyakan cara belajar seperti apa yang disukai anak.

4.      Gunakan teknologi jika memang dibutuhkan

Agar anak tetap belajar dengan baik, siapkan segala kebutuhannya, seperti buku bacaan, alat tulis, bahkan gawai penunjang. Anda bisa tanyakan kira-kira apa saja yang anak butuhkan saat belajar di rumah. Jika memang membutuhkan gawai sebagai penunjang belajar, ajarkan anak untuk fokus memfungsikannya hanya untuk belajar. Anda bisa membuat kesepakatan bersama dengan anak agar gadget tersebut tidak menjadi pengganggu fokus anak.

5.      Atur jadwal rutinitas anak

Meskipun tengah belajar di rumah, tentu anak harus memiliki jadwal belajar dan kegiatan lainnya secara seimbang. Kebosanan merupakan tantangan terbesar ketika anak belajar di rumah. Jika dari pihak pengajar sudah memberikan jadwalnya, maka ajarkan anak untuk mematuhi jadwal tersebut. Atau Anda bisa juga memandu anak untuk mengatur jadwal kegiatannya sendiri. Beri pemahaman penuh tentang pentingnya menjalankan sesuatu sesuai dengan jadwal.  Selain itu, saat sisihkan jeda waktu anak untuk bermain di sela-sela kegiatan belajarnya. Hal ini bertujuan agar proses belajar tidak terlalu membebani anak.

6.      Buatlah target belajar

Agar anak lebih termotivasi dan menikmati proses belajar di rumah, maka tak ada salahnya jika anda membuat target. Target ini bisa didiskusikan bersama anak serta berikan apresiasi yang disepakati bersama. target bisa dimulai dari yang kecil hingga yang besar, namun yang perlu diingat buatlah target tersebut sesuai dengan kompetensi anak.

Demikian cara yang bisa Anda terapkan untuk mendukung proses belajar anak di rumah. Kami memahami bahwa membangun ruang belajar anak di rumah akan menjadi tantangan tersendiri. Selama masa pandemi kebutuhan akan lingkungan belajar yang baik menjadi PR tersendiri bagi banyak orangtua, namun bukan berarti itu menjadi masalah yang besar. Dengan cara cerdas menyiasatinya maka proses belajarpun akan berjalan lancar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *