Ujian Pendidikan Kesetaraan

Tidak perlu menunggu tahun depan, ternyata tahun ini Ujian Nasional sudah ditiadakan.

Pemerintah dan diknas mengambil kebijakan yang sangat tepat dalam menanggulangi wabah virus corona sekarang ini. Berkumpul dalam jumlah banyak menghadapi resiko yang tinggi terpapar virus corona dari pembawa (carrier) yang sudah untuk dideteksi saat ini.

Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) telah menggantikan Ujian Nasional. Peserta didik tidak perlu datang ke lokasi diadakannya UPK, karena bisa diselenggarakan secara online (daring). Mekanisme dan prosedur legalitasnya pun sudah disiapkan.

Pun, jika sekolah atau PKBM belum mampu menyediakan layanan UPK secara daring, nilai ijazah bisa didapatkan dari hasil rapor semester 1 sampai 5 dan juga hasil penilaian kualitatif lainnya, seperti portofolio.

PKBM Piwulang Becik (PBx) tentu sudah siap dengan perubahan kebijakan ini, karena sedari awal kami telah menyediakan layanan daring. Baik itu dengan LMS (Learning Management System) nya diknas: Setara Daring, atau pun Google Suite dan juga Microsoft Offie 365 Education.

Ketiga sistem tersebut memberikan layanan yang memudahkan peserta didik dan juga orang tua dalam proses pembelajaran. Sharing dari orang tua pun sangat memungkinkan, sehingga bisa dinikmati oleh warga PBx dimana pun berada.

Semoga, dengan berhasilnya perubahan UN ke UPK secara daring ini, dilanjutkan dan ditingkatkan lagi di tahun depan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *