Ivan Illich

Dilahirkan di Vienna Austria tanggal 4 September 1926 dan meninggal di Bremen Jerman tanggal 2 Desember 2002. Seorang pendeta katolik roma, filosof dan terkenal dengan deschooling nya dengan terbitnya buku tulisan dia Deschooling Society tahun 1971. Sebuah kritikan tajam terhadap sistem pendidikan massal.

Deschooling tidak berarti mengabaikan pembelajaran di sekolah, tetapi untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki pilihan apakah mereka akan bersekolah secara formal atau tidak. Kalau pun mereka bersekolah, bukanlah karena paksaan orang tua atau lingkungan. Atau harus mengikuti tes sebelum memasuki sekolah yang kemudian tidak mempunyai kesempatan untuk mempelajari topik yang diinginkan. Semustinya mereka diberi ruang dan kebebasan untuk memilih bagaimana mereka belajar atau bersekolah.

Kritikan Keras Terhadap Sistem Pembelajaran di Sekolah

Ivan Illich mengamati bahwa sistem pembelajaran di sekolah saat ini tidak mencukupi, karena dengan ketat lebih fokus kepada skill drill (latihan detail keterampilan teoritik). Bukan kepada metode belajar si anak.

Masyarakat telah didoktrinasi untuk percaya bahwa keterampilan itu berharga dan dapat diandalkan hanya jika itu adalah hasil dari sekolah formal.

Padahal kebanyakan pembelajaran bukanlah hasil dari instruksi. Ini lebih merupakan hasil dari partisipasi tanpa hambatan dalam lingkungan yang baik dan berarti. Cara terbaik kebanyakan orang dalam belajar adalah “bersama dengannya” (with it).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *